Makalah Perkembangan Teknologi dan Aplikasi Internet, email dan www

Kata Pengantar

         Puji syukur marilah kita sama-sama panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat karunia dan pertolongannya saya biasa menyelesaikan tugas makalah mengenai “Perkembangan Teknologi dan Aplikasi Internet E-Mail dan www “. Dalam makalah ini mencakup berbagai hal / aspek mengenai perkembangan TIK, yang semua ini adalah hasil inovasi manusia yang tidak henti-hentinya yang terus maju dan berkembang.
         Makalah ini saya susun dengan sebaik-baiknya, saya ambil berita dari
berbagai sumber melalui internet dan saya susun kembali dalam makalah ini dengan bahasa yang dapat lebih mudah dimengerti.
         Mudah – mudahan makalah ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya dan dapat menjadi pengetahuan baru untuk kita. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam pengetikan, semata-mata ini hanya kecerobohan saya selaku penyusun.
  
Penyusun

Ahmad Ariful Amri




Daftar Isi

Kata Pengantar...................................................................................................................... 2
Daftar Isi................................................................................................................................ 3
1.       Perkembangan Teknologi........................................................................................... 4
1.1 Media akses.......................................................................................................... 5
1.2 Sosial Networking................................................................................................. 6
1.3 Terminal OS.......................................................................................................... 7
1.4 Konten.................................................................................................................. 7
2.       Perkembangan Aplikasi Internet................................................................................ 8
2.1 Pengembangan aplikasi internet........................................................................... 9
3.       Perkembangan E-Mail............................................................................................... 11
3.1   Perkembangan e-mail........................................................................................ 12
3.2   Sejarah perkembangan e-mail............................................................................ 12
3.3   Sekarang dan masa depan................................................................................... 13
4.       Perkembangan www (World Wide Web).................................................................. 14






                                                                
                                                                                                                                    






1.               Perkembangan Teknologi
Pada jaman lalu, teknik pendokumentasian informasipun masih sangat sederhana, tetapi akhirnya terus berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini. Beberapa alat yang digunakan pada zaman dulu antara lain, tulang, batu, kulit kayu, tanah liat, dan kulit binatang. Adapun karakteristik dari cara penyampaian informasi pada zaman dahulu adalah informasi menyebar dengan lambat dan kuran efektif.
Setelah masa revolusi industri, alat-alat mekanik bahkan elektronik mulai ditemukan, termasuk didalamnya alat-alat yang mampu membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan efektip. Jika pada awalnya orang yang berjarak jauh hanya mampu berkomunikasi lewat surat atau melalui kurir, maka pada abad pertengahan ini sudah mulai digunakan telegraf. Beberapa tahun kemudian, Alexander Graham Bel menemukan telepon yang mampu dipakai untuk berkomunikasi oleh orang walaupun berjarak jauh.
TIK berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini. Saat ini, jarak dan waktu seakan tidak lagi menjadi halangan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda kini sudah mampu melakukkan komunikasi bahkan mampu ditampilkan secara visual. Salah satu hal yang sedang menjadi trend sat ini adalah kegiatan yang berbasis internet dan elektronik. Beberapa contoh diantaranya adalah e-learnig, e-banking, e-library, e-labolatory, e-mail dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas berbasis elektronik ini sudah pasti sangat membantu kegiatan manusia. Dengan hal tersebut di atas, dimensi ruang dan waktu tidak lai menjadi hambatan.
Selain itu,proses pengolahan data pun semakin cepat dan efisien. Berbagai barang elektonik mulai dari televise, handphone, pager, PDA, laptop hingga palmtop sudah menjadi barang-barang yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan TIK pun semakin pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.
Text Box: Gambar 1 Grafik pengguna Internet di duniagrafik-pie-internet-user.jpgMelihat apa yang terjadi saat ini, dapat dibayangkan apa yang mungkin dapat terjadi di masa nanti. Jauhnya jarak tidak lagi akan terasa. Kelak komunikasi jarak jauh akan dilakukan dengan hologram tiga dimensi yang begitu nyata. Pekerjaan-pekerjaan manusia akan mulai dikerjakan oleh robot yang bekerja secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu mengkoreksi kesalahan yang ia lakukan dengan sendirinya.
Teknologi komputer pun akan berkembang dengan pesat. Komputer masa depan akan mampu merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Lebih canggihnya lagi, komputer generasi yang akan datang diramalkan, akan memiliki perasaan layaknya manusia.
Melihat fakta dan gambaran masa depan seperti diuraikan di atas, muncul satu kekhawatiran, “Akankan eksistensi mausia digantikan oleh computer?” dan “Akankah manusia mampu bertahan dari kepunahan?”. Satu hal yang patut kita sadari dan tekadkan, “Teknologi dibuat untuk membantu manusia, bukan untuk memperbudak manusia”.
Disukai atau tidak, dampak dari era reformasi 1998 benar-benar membawa dampak yang signifikan dalam perkembangan dunia telekomunikasi, informatika dan intenet. Tirani dan monopoli dari rezim terdahulu seakan benar-benar tersingkirkan akibat adanya reformasi tersebut.
Dan seiring semakin terbukanya pintu perdagangan dan arus informasi maka layanan yang dahulu mungkin hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan elit dan berduit kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat lebih luas, sebut saja layanan TV kabel berlangganan.
Ya, kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat diberbagai lini kehidupan, terutama internet. Perkembangan internet sudah sangat jauh lebih berkembang dibanding 11 tahun silam. Mari sejenak kita menengok ke belakang mengenai masa lalu dunia Internet.

1.1     Media Akses
Dahulu, dial up menggunakan jaringan telepon tetap adalah satu-satunya media akses yang paling masuk akal agar perorangan dapat terhubung ke internet dari rumah atau kantor. Bahkan warnet-warnet pun banyak mengandalkan dial-up sebagai media koneksi Internet.
Perusahaan penyedia jasa internet mulai tumbuh satu per satu. Indonet merupakan salah satu pelopor untuk hal ini yang kemudian diikuti oleh perusahaan jasa internet lainnya. Hingga suatu saat lahirlah TelkomNet Instan, di mana dengan model seperti ini pelanggan dengan lebih mudah untuk melakukan dial-up tanpa perlu melakukan registrasi. Kecepatan maksimal dari dial-up hanya 57 Kbps.
Saat itu para para penyedia konten masih terbatas hanya menyediakan informasi yang searah, walau memang ada beberapa penyedia konten interaktif (forum) dan social networking, sebut saja kafegaul.com, astaga.com, boleh.com, dan lainnya. Besarnya halaman berkisar antara 50 KB-100 KB per halaman, hal ini mungkin masih disebabkan karena akses yang digunakan mayoritas masih menggunakan dial-up modem dengan kecepatan57Kb/s

1.2     Social Networking
Sampai saat ini Yahoo Messenger masih merupakan media chating yang paling diminati. Facebook merupakan salah satu fenomena social networking yang diminati oleh berbagai lapisan masyarakat. Pelajar, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, kalangan professional hingga artis dan kalangan politik sekalipun banyak yang menggunakan Facebook untuk dapat terus saling berhubungan dengan yang lain.
Twitter, Plurk menjadi pelengkap dunia social networking saat ini. Namun, dimanakah konten lokal produksi anak negeri? Tidak perlu khawatir, Kaskus, Fupei, Koprol merupakan produk dalam negeri yang cukup diminati dan sukses. Bahkan konten-konten penyedia informasi juga tak tinggal diam menyikapi hal ini, forum Detik.com dan forum Kompas.com berupaya memberikan 'rasa social networking' bagi para pengunjungnya. Lalu di manakah boleh.com? Portal tersebut yang dahulu di gadang-gadang menjadi salah satu pelopor social networking di Indonesia kini mungkin tinggal nama
ICQ merupakan salah satu aplikasi chating yang banyak digemari, selain Yahoo Messenger pastinya. ICQ merupakan salah satu pelopor aplikasi chating yang bisa melakukan transfer file, conference dan mengirim voice. MSN Messenger juga masih merupakan aplikasi chatting favorit. Tak ketinggalan MIRC, salah satu aplikasi chat ini benar-benar menjadi idola, terutama para pengunjung Warnet yang betah beberapa jam hanya untuk chating di MIRC, dahulu ada istilah : "ASL please…." (Age Sex Location), istilah ketika kita akan berkenalan dengan lawan chating kita.



1.3     Terminal OS
Text Box: Gambar 2 Grafik Pengguna search engine berdasar OS75588_grafik_pengguna_mesin_telusur_berdasar_os_komputer.jpgDesktop! Itulah mayoritas terminal yang digunakan untuk beraktivitas online saat itu. Laptop masih sangat jarang digunakan karena harganya yang waktu sangat jauh dari terjangkau. Windows 98 merupakan OS (Operating System) yang paling populer saat itu. Linux masih sangat jarang digunakan, saat itu Linux masih dianggap sebagai OS dunia gelap oleh sebagian orang karena bingung setelah selesai menginstal Linux lalu harus apa yang dilakukan.
Lalu setelah itu, perlahan namun pasti kemajuan teknologi telekomunikasi seakan benar tancap gas. Berbagai inovasi lahir dan dengan cepat bisa dinikmati di bumi pertiwi. Teknologi Selular merupakan salah satu pemicu kemajuan teknologi tersebut.
Sebelumnya masyarakat sudah cukup senang dengan pager (baca: pejer) sehingga sempat menjadi tren untuk beberapa saat sebelum akhirnya mati secara teratur karena tergusur oleh semakin inovatifnya layanan-layanan dari operator selular. Kondisi yang sama juga terjadi di dunia Internet, teknologi lama yang tidak mau ber-evolusi menjadi tergusur.

1.4     Konten
Tersedianya beragam konten saat ini membuat masyarakat semakin nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas di Internet. Forum, layanan e-mail, berbagai macam portal sudah tersedia saat ini, baik produk dalam negeri ataupun produk dari negeri tetangga. Bahkan salah satu trend saat ini yaitu Blog mendapat response yang sangat bagus di masyarakat Indonesia. Dan dengan eksistensi ini Indonesia cukup diperhitungkan di dunia blog international.
Secara keseluruhan Google dan Yahoo masih merupakan konten yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, namun hal ini tidak berarti menyurutkan langkah para penyedia jasa konten Indonesia untuk terus berkompetisi dengan penyedia konten produk luar negeri. Detik.com dan Kaskus secara konsisten terus masuk dalam ranking 10 besar top website yang sering dikunjungi dari Indonesia.
Hal ini tak lepas dari inovasi yang terus dilakukan oleh mereka untuk para pengunjungnya agar tetap terus berkunjung. Penulis mencatat beberapa konten terus konsisten melakukan upaya-upaya agar pengunjung kembali lagi mengunjungi mereka, sebut saja Fupei, Kompas.com, Kafegaul.com.
Namun sayangnya semakin hari ukurang halaman dari konten-konten tersebut menjadi semakin besar, hal ini sangat dimungkinkan karena lebar bandwidth pada media akses pun semakin besar dan bagus.

2.    Perkembangan Aplikasi Internet
Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Di bawah ini adalah berbagai aplikasi internet.
1.    World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.

2.    E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.

3.    Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.

4.    Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.

5.    Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.

6.    File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.

7.    Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.

8.    Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.

9.    Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.

2.1            PENGEMBANGAN APLIKASI INTERNET

A.    INTERNET SEBAGAI MEDIA VIRTUAL

Sebagaimana disebutkan di bab I bahwa internet memiliki berbagai manfaat dan fungsi, maka menurut penulis yang paling menonjol dari semua fungsi tersebut adalah sebagai media yang sangat efektif yang bisa digunakan oleh individu, organisasi, perusahaan, maupun instansi pemerintah untuk menyediakan dan atau mencari informasi, baik tentang produk (barang dan jasa) maupun informasi lain yang tidak dapat diakses melalui media massa lainnya seperti televisi, radio, majalah dan surat kabar.
Sekarang, hampir semua perusahaan, instansi pemerintah, dan organisasi memiliki situs internet sendiri. Bahkan banyak juga individu perseorangan yang memiliki situs pribadi, yang biasanya mereka bertujuan untuk bisnis. Oleh karena itulah, kian hari peran internet semakin strategis dengan pengguna yang semakin banyak. Bisa diprediksi suatu hari nanti internet akan menjadi media yang paling berpengaruh bagi kehidupan masyarakat jika bisa diakses oleh seluruh populasi manusia di seluruh dunia, apalagi internet memiliki keunggulan tersendiri dalam aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini tentunya akan membuka peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi perorangan maupun perusahaan yang bisa melihat peluang ini. Bagi perusahaan jasa telekomunikasi seperti PT Telkom Tbk, peluang ini harus dibidik dengan seksama, kalau tidak ingin diambil alih oleh perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

B.    VISI INTERNET MASA DEPAN

Dalam World Economic Forum yang digelar di Swiss beberapa waktu lalu, dibahas mengenai peran internet dalam lima tahun mendatang. Forum yang juga dihadiri oleh Chairman Microsoft, Bill Gates ini seakan ingin menunjukkan kedigdayaan dari kekuatan internet di dunia. “Dalam lima tahun mendatang, internet diperkirakan akan mengubah peran televisi” demikian pernyataan Bill Gates. Sebuah tantangan tersendiri bagi dunia pertelevisian, mengingat makin maraknya konten video online, penggabungan fungsi PC dan akses internet yang berkecepatan tinggi. Bill Gates melanjutkan, “Saya terperanjat mengetahui konsumen mulai berangsur tidak menonton melalui pesawat televisi lagi dan mungkin lima tahun lagi orang akan menertawakannya.” Dulu Bill Gates pernah mengemukakan bahwa PC akan mengisi di setiap rumah di dunia…, dan hal itu sekarang telah menjadi kenyataan. Kini apakah pernyataan Bill Gates akan menjadi kenyataan kembali? Kita tunggu jawabannya 5 tahun mendatang (www.andriewongso.com, 31 Januari 2007).
Text Box: Gambar  3 Grafik Pengguna Internet diduniaasia_paling_banyak.jpgPernyataan Bill Gates di atas sangat beralasan melihat perkembangan internet dewasa ini. Maka dari itu, penulis ingin memimpikan suatu hari nanti di Indonesia, alangkah indahnya jika internet bisa diakses di setiap rumah tanpa harus menggunakan kabel telepon dan dengan biaya yang murah. Sebagaimana halnya dengan pemakain hanphone saat ini, demikian juga hendaknya dengan internet. Walaupun sekarang sudah ada fasilitas internet seperti itu, namun yang bisa menikmati hanya beberapa persen dari masyarakat kita dan tentunya dari kalangan tertentu saja.
Bila perusahaan-perusahaan telekomunikasi nasional bisa mewujudkan sebuah karya dimana internet bisa diakses di setiap rumah di Indonesia dengan mudah dan murah, maka efeknya akan sangat dahsyat bagi masyarakat. Dengan bekerjasama dengan perusahaan produsen PC, kemudian berkolaborasi menciptakan, mengembangkan dan memasarkan produk super inovatif, “Paket PC plus Internet” berbasis teknologi satelit kepada seluruh lapisan masyarakat, maka akan menciptakan sebuah fenomena baru di dunia teknologi informasi Indonesia. Selain akan meningkatkan kecerdasan masyarakat karena masyarakat akan menjadi semakin melek teknologi dan informasi, juga akan menciptakan ladang bisnis baru seperti kursus komputer, kursus internet, jasa servis komputer, jasa periklanan dunia maya, dan lain-lain. Dan yang terutama harus direalisasikan adalah penyediaan komputer murah dengan sasaran pasar kalangan menengah ke bawah. Dalam beberapa tahun terakhir, hanphone telah memasyarakat hingga ke seluruh pelosok negeri, sekarang tiba giliran internet. Why not?
Seandainya semua itu bisa terwujud, maka kita bisa mengakses informasi apapun yang kita perlukan dari rumah, berkirim e-mail antar rumah, chatting dengan tetangga dan teman, belajar kelompok online, barter data/informasi, melakukan transaksi jual beli kebutuhan rumah tangga online, tading valas, e-commerce, mengakses berita di seluruh penjuru dunia, melakukan survei online, berkomunikasi dengan netter di berbagai belahan dunia, dan hal lain yang akan sangat memudahkan kita dalam kehidupan. Dengan begitu, dunia akan terasa makin kecil dan petualangan di dunia maya akan menjadi sebuah petualangan paling mengasyikkan bagi siapapun.
Bagi praktisi bisnis, dengan beriklan di internet yang telah merakyat tentunya akan sangat efektif dan efisien. Praktisi pendidikan juga akan sangat diuntungkan untuk keperluah pencarian data, makalah ilmiah, dan informasi kependidikan global. Begitu juga dengan lembaga lain yang membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat.


3.         Perkembangan E-Mail
MENURUT data dari situs www.royal.pingdom.com, saat ini diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau yang lebih populer disebut dengan email di seluruh dunia. Para penggunanya pun bervariasi mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, profesor, pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar, pengusaha, menteri sampai presiden.
Di antara sekian banyak penggunanya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui sejak kapan email digunakan dan siapa orang pertama yang menciptakannya. Berikut akan dipaparkan sepintas sejarah awal terciptanya email beserta seluk beluknya.
Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada". Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional. Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka
3.1     Perkembangan Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.

3.2     Sejarah Perkembangan E-Mail
Anda pengguna internet pasti memiliki e-mail bukan? E-mail yang sering digunakan oleh kita dalam segala bentuk kegiatan dalam internet berfungsi sebagai alamat dan identitas kita dalam dunia maya. E-mail memang menjadi sesuatu yang populer karena cara mendaftar dan menggunakannya cukup mudah. Menurut salah satu data dari situs www.royal.pingdom.com, sekitar 1,3 miliar pengguna e-mail tersebar di seluruh dunia. Namun hanya sedikit sekali yang mengetahui tentang bagaimana email tercipta. Disini kami akan menjelaskan sedikit tentang sejarah perkembangan e-mail.
Sebenarnya sejarah awal dari e-mail sangat berkaitan dengan awal terciptanya internet yaitu ARPANET, kenapa? Karena email adalah suatu metode yang memang dibuat untuk menunjang komunikasi komputer yang telah terkoneksi dengan ARPANET, dibuat oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971 dalam project SNDSMG. Sebenarnya konsep yang digunakan adalah dengan meninggalkan pesan pada suatu mesin. Simpel memang, namun Ray terus mencoba menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga akhirnya pengiriman pesan dapat dilakukan dalam jaringan ARPANET, dan percobaan pengiriman pertama yang Ray lakukan dengan e-mail adalah “QWERTYUIOP”.
Kemudian setahun setalah pembuatan e-mail,  pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon baru untuk melengkapi sebuah alamat e-mail yaitu ‘@’. Fungsi dari icon ini adalah sebagai identitas id yang memisahkan antara nama pengguna dengan nama domainnya. Icon ‘@’ dilafalkan dengan “at”, yang berarti “pada”. Pada tahun 1976, tepatnya tanggal 26 Maret, juga menjadi momen bersejarah ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern, hal ini terjadi karena ARPANET mulai dikenalkan ke Negara lain di luar Amerika.
Pada tahun 1988 steve Dorner membuat program e-mail yang disebut Eudora, yang diambil dari nama Eudora Welty yang merupakan penulis dari Amerika. Eudora adalah client e-mail yang menyediakan interface gratis, dan pada tahun 1994 Eudora debali oleh Qualcomm dan tetap menjadi program yang professional. Dalam beberapa tahun, Eudora menjadi aplikasi web yang mendominasi, namun setelah muncul Netscape dan Internet Explorer kejayaan dari Eudorapun menurun.
Inilah sejarah singkat mengenai awal berkembangnya e-mail, semoga jadi sesuatu informasi baru yang bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya.
3.3     Sekarang dan Masa Depan
Jadi siapa sangka email berkembang dengan begitu cepat. Jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun 2005, demikian menurut riset yang diberitakan oleh para analis industri dari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS, Jupiter Media Metrix, begitu juga kenaikan terlihat untuk kawasan Asia (lihat bagan)
Contohnya sekarang saja di Amerika, menurut Forrester Research (http://www.forrester.com) bahwa persentase perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi komunikasi per hari menyingkapkan bahwa email berada di urutan kedua setelah penggunaan telepon dengan lama 29 menit sedangkan penggunaan telepon per hari 45 menit. Dan penggunaan ponsel berada di urutan ketiga setelah email dengan lama 16 menit per hari.
Situs AsiaComputerWeekly.com yang menyorot komentar dari IDC Group (http://www.asiacomputerweekly.com/ViewArt.cfm?Artid=12140&catid=3&subcat=29), juga sebagai salah satu perusahaan riset international di AS menyatakan bahwa para pengguna email berbasis web menjadi pendorong utama meningkatnya pengguna email di seluruh dunia. Direktur riset dari IDC, Mark Levitt mengatakan, "akses nirkabel melalui perangkat email dan pelayanan network adalah infrastruktur utama yang memungkinkan para pengguna email senantiasa terhubung satu sama lain. Juga para pekerja yang sering di luar kantor akan mendapatkan manfaat untuk tetap berkomunikasi dengan dimungkinkannya perangkat email yang telah dikustomisasi, dan hosted service."
IDC juga menyatakan bahwa lalu lintas email rata-rata per hari di tahun 2005 diperkirakan akan meningkat menjadi 36 miliar di seluruh dunia. Tentunya hal ini dikontribusi oleh situs web yang menawarkan email gratis kepada para pengunjungnya, demikian berita ini dilansir oleh situs emarketer.com (http://www.emarketer.com)

4.         Perkembangan www (World Wide Web)
WorldWideWeb adalah browser web pertama di dunia. Ia diperkenalkan pada 26 Februari 1991 oleh Tim Berners-Lee dan berjalan pada platform NeXTSTEP.
WorldWideWeb adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. WorldWideWeb dapat menampilkan file HTML tanpa gambar yang tersimpan.
WWW atau World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang sangat berguna dan diakses oleh user melalui browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).
Text Box: Tabel daftar pengguna internet terbanyak diduniapengguna_iternet_asia.jpgBrowser merupakan suatu aplikasi atau program yang berfungsi untuk menampilkan informasi baik teks, gambar, suara, animasi, bahkan sekarang telah banyak bermunculan video streaming untuk menampilkan acara televisi dan musik. Browser pertama kali dibuat berbasiskan teks. Untuk menyatakan suatu alamat (link), dibuat sebaris nomor yag mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web.
Ceritanya begini, pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Oxford University yang berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti Fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal yang diberi judul “HyperText and CERN”. CERN adalah nema tempat Berners-Lee bekerja pada saat itu, yaitu kependekan dari Conseil European pour la Recherce Nucleaire, yang merupakan sebuah laboratorium riset bidang Fisika di Jenewa, Swiss.
Pada akhir tahun 1990, sebuah bentuk rancangan web berhasil dijalankan di sebuah mesin komputer NeXT. Saat itu, web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www, yang merupakan cikal bakal kelahiran WWW (World Wide Web).

Pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian, untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih menggunakan browser line-mode interface. Unutk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.
Pada bulan Mei 1993, Marc Andeesen dan beberapa murid dari NCSA membuat web browser unutk sistem x-windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah digunakan yang diberi nama Mosaic. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows, dan Macintos
Pada tahun 1994, Mac Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah MSIE (Internet Explorer) dari Microsoft.
 Pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas unutk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.
Beberapa browser yang sering digunakan anatara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Thunderbird, Qonquerer, Slim Browser, Links, Lynk, dan Google Chrome. Namun browser yang paling populer di dunia adalah Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.
World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.
Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi tinggi. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web
Sekarang ini web telah memiliki pemirsa dalam jumlah yang sangat besar di luar lingkup akademis : kurang lebih 30% dari server web yang tengah beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial, dan di sebagian industri, di mana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki telpon atau faks bagi tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.

0 Komentar Untuk “Makalah Perkembangan Teknologi dan Aplikasi Internet, email dan www”

Poskan Komentar

Liat AJA!! *New

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel terbaru yang akan dikirimkan ke email anda, silahkan masukkan alamat email anda dibawah ini.

Social Media




© 2013 Asalasah. All rights reserved.