Air Bersih DiDunia Hanya 1 % Saja

Asalasah ~ tahukah kamu bahwa air saat ini sudah semakin menipis persediannya di seluruh dunia dan hanya tinggal 1% saja?
Bukan hanya di Afrika saja yang tandus kekeringan memerlukan air, tengok saja di Indonesia ternyata dari 92 daerah terluar di Indonesia, 64 diantaranya adalah daerah yang kekurangan air bersih. Selain itu hampir setengah dari penduduk Indonesia kekurangan bahkan tidak memiliki sumber air bersih. Ditambah lagi jika 20% dari penduduk Indonesia meninggal dikarenakan kekurangan air bersih.

Tahukah kamu dengan populasi manusia yang semakin banyak, kebutuhan akan air bersih meningkat, menurut Analis dari Fidelity Investments, LLC air bersih hanya tinggal 1 % lagi yang bisa diakses dan digunakan dari 2,5% air bersih yang masih tersedia.

Air sangat mahal sekarang. Bayangkan saja di Indonesia sendiri perlu 65,3 triliun rupiah untuk penyediaan air nasional. Jakarta adalah kota dengan air termahal di dunia seperti yang diutarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bersama Koalisi Masyarakat Menolak Swastanisasi Air Jakarta (KMMSAJ) memaparkan bahwa lebih dari 40 persen warga Jakarta harus membeli air dengan harga mahal. Harga yang harus dibayarkan per meter kubik adalah sebanyak Rp37 ribu hingga Rp85 ribu. (sumber vivanews.com)

Kita ketahui air memenuhi bumi hingga 70% akan tetapi dengan jumlah tersebut air bersih yang disebut air tawar hanya 3% saja.  So what will you do now?

berikut adalah sumber air bersih yang tersimpan di bumi.

Gambar Sumber Air Bersih
gambar sumber air bersih (theatlantic.com)
Apakah kamu tahu bahwa dalam memproduksi sekerat roti diperlukan 10 galon air, dan untuk memproduksi 1 burger diperlukan 635 galon air. Bagi yang suka ngopi perlu diketahui bahwa untuk satu gelas kopi diperlukan air 35 galon. That's wowww.... belum lagi untuk mandi, cuci pakaian, cuci piring, dan banyak lainnya? Thinking that!
Lihat video ini untuk menambah wawasan kamu mengenai masa depan air:




Dijelaskan bahwa dengan populasi dunia yang meningkat, pembangunan kota dengan gedung-gedungnya tentu akan mengurangi air bersih. hanya sekitar 2,5 % lagi air bersih yang tersedia dan hanya 1% air bersih yang dapat diakses dan digunakan.

Jutaan orang di dunia sedang mengalami krisis air, dan akan bertambah lagi hingga 2025 benar-benar mengalami krisis di beberapa negara termasuk Indonesia. Hal ini juga yang dijelaskan dalam acara Forum Air Dunia II (World Water Forum) di Den Haag (Maret, 2000).


Berikut adalah video mengenai air yang mampu mengubah segalanya:

Dipaparkan bahwa air dapat mengubah segalanya dalam kehidupan mulai dari pendidikan (education), masalah kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Everything is nothing without water.

Krisis air membuat wanita mencari dan mengoleksi air dalam galon ke sumber mata air yang jauh dari rumah dan air tersebut tidak sepenuhnya bersih karena sudah bercampur dengan kotoran. Akibatnya air kotor tersebut mengakibatkan dehidrasi, diare bahkan kematian.


Dengan air bersih kesehatan anak-anak terjaga dengan baik, tentu saja dapat menghemat uang dari biaya rumah sakit. Sehingga sekolah anak dapat terus berjalan dengan baik.





"Everything is nothing without water" So what will you do guys....
Hal yang paling tepat untuk saat ini dan kemudian hari adalah dengan menggunakan air seperlunya. Segera matikan kran air saat bak mandi sudah penuh.


Sumber:http://www.gomuda.com/2012/11/tersedia-hanya-1-air-bersih-saja-di.html

0 Komentar Untuk “Air Bersih DiDunia Hanya 1 % Saja”

Post a Comment

Tentang Agama

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel terbaru yang akan dikirimkan ke email anda, silahkan masukkan alamat email anda dibawah ini.

Social Media




© 2013 Asalasah. All rights reserved.