Makanan Pemicu Tubuh Menghasilkan Banyak Lendir

http://asalasah.blogspot.com/2013/02/makanan-pemicu-tubuh-menghasilkan.html- Makanan Yang Memicu Tubuh Hasilkan Banyak Lendir
Asalasah ~ Lendir adalah cairan yang normal dihaslkanoleh tubuh. Semua organ tubuh yang memiliki lapisan mukosa akan terus menerusmengeluarkan lendir agar menjaga permukaannya tetap basah dan berpelumas. Makanatau minum juga akan meningkatkan jumlah lendir yang melumasi bagian belakangmulut.

Lendir yang tidak sehat terbentuk karenareaksi tubuh terhadap zat asing sehingga berwarna keruh, kental dan lengket.Lendir yang tidak sehat berkaitan dengan penyakit seperti sinusitis, penyakitpernapasan dan kanker. Lendir ini sering disebut ingus.

Makanan juga dapat mempengaruhi produksilendir manusia. Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan produksi lendir.JIka sedang pilek, maka efeknya yang terasa adalah jadi lebih sering meler.

Sayur  dan buah bisa dikatakan hampir tidak akanmenyebabkan pembentukan lendir, kecuali pisang yang dimatangkan dengangas, sulfur atau proses non alami lainnya. Seperi dilansir JamaicaGleaner.com,berikut adalah makanan yang dapat menyebabkan produksi lendir berlebihan.

1. Susu
berbagai produk susu sapi dapat mempercepatdan memperbanyak pembentukan lendir. Produk-produk susu misalnya susu, sususkim, mentega, keju, krim dan yoghurt. Susu kambing lebih sedikit memicupembentukan lendir dibandingkan susu sapi.

2. Daging
Daging merah, daging ikan, unggas dan telurhampir sama efeknya dalam membentuk lendir seperti produk susu. Daging memangtidak terlalu mempengaruhi sistem pernafasan kurang, tetapi jumlah lendir yangdihasilkan masih cukup tinggi.

3. Gluten
Makanan yang mengandung gluten seperti gandumatau barley adalah makanan penghasil lendir. Gluten merupakan zat yang dapatmelengketkan molekul dan membutuhkan produksi asam lambung berlebih agar dapatdicerna. Makanan lain yang mengandung gluten adalah roti, makanan yangdipanggang, pasta dan sereal.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai merupakan protein nabatiyang paling banyak membentuk lendir. Aktivitas pembentukan lendir yangdiakibatkan serupa dengan daging, ikan, telur dan mendekati produk susu.

5. Madu
Madu bervariasi pengaruhnya dalam aktivitaspembentukan lendir, tergantung asal bahan baku tanaman yang digunakan untukmemproduksinya. Madu Eucalyptus adalah salah satu jenis yang cukup tinggimenyebabkan aktivitas pembentuk lendir.

6. Suplemen makanan
Suplemen seperti bubuk protein sangat banyakmembentuk lendir karena mengandung kedelai, telur, susu dan produk turunandaging.

Baca Juga:  
Sumber: http://dicopasdong.blogspot.com/2013/01/makanan-yang-memicu-tubuh-hasilkan.html

1 komentar:

Tentang Agama

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel terbaru yang akan dikirimkan ke email anda, silahkan masukkan alamat email anda dibawah ini.

Social Media




© 2013 Asalasah. All rights reserved.