Pesawat Tempur Canggih Yang Menjadi Andalan Indonesia

Asalasah ~ Berikut Kami rangkum beberapa pesawat tempur canggih yang dimiliki indonesia tahun 2013 ini, dan akan masih banyak pesawat pesawat tempur canggih lainnya yang akan terbang di udara bumi pertiwi dalam waktu dekat.

apa apa saja pesawat tempur canggih indonesia saat ini, mungkin anda semua sebagian sudah tahu akan pesawat pesawat tempur canggih indonesia ini tapi saya hanya ingin mengulang kembali dan mengingatkan kembali pesawat tempur yang menjadi andalan indonesia saat ini.

1. SUKHOI


http://asalasah.blogspot.com/2013/06/pesawat-tempur-canggih-yang-menjadi.html

Sukhoi adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Sukhoi memiliki jarak jangkau yang sangat jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang sangat tinggi.

Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Sukhoi dan MiG-29 berbentuk mirip. namun Ini adalah keliru, karena Sukhoi dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

Salah satu pesawat tempur andalan rusia ini memang menjadi salah satu pesawat tempur canggih yang dimiliki indonesia saat ini, selain bentuk pesawat sukhoi yang modis dan keren, sukhoi juga type pesawat yang sangat ditakuti lawan, terutama Amerika Serikat yang menjadi Rival Rusia.

2. Pesawat Tempur F-16

F-16 Fighting Falcon.jpg

F-16 adalah jet tempur multi-peran yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya ber-evolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai dalam segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat dan salah satunya indonesia.

F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untuk menahan belokan pada percepatan 9g.
Dan saat ini pekanbaru adalah salah satu markas monster dari amerika serikat ini, sekitar satu skuadron monster yang bernama F16 ini bermarkas di kota pekanbaru. WOW

3. TUCANO



Super Tucano adalah jenis pesawat tempur ringan turboprop yang diproduksi oleh pabrikan pesawat Embraer di Brazil. Pesawat tempur yang dikenal memiliki beberapa keunggulan ini telah menarik minat para pejabat TNI AU indonesia dan telah membeli pesawat asal brazil ini sebanyak 1 Skuadron atau sejumlah 16 unit pesawat tempur EMB 314 / A-29 Super Tucano.
Selain Brazil sendiri, pesawat tersebut juga telah digunakan AU Kolombia, Chili, Republik Dominika dan Ekuador.

mungkin banyak orang yang menilai remeh dengan pesawat tucano ini namun Super Tucano ini memiliki sistem persenjataan canggih dengan 2 senapan mesin yang berada di sayap kiri dan kanan, 5 buah cantelan dengan komposisi masing-masing 2 buah di sayap kiri dan kanan dan 1 buah di badan pesawat dengan beban total 1550 kg. Semua cantelan bisa dipasang bom sejenis Mk 81 dan Mk 82, peluncur roket, dan bom berpemandu laser dengan daya ledak mematikan.

4. HAWK 200


Pesawat tempur hawk 200  ini adalah jenis pesawat yang pernah jatuh di pekanbaru beberapa waktu lalu namun pesawat asal inggris ini jatuh di pekanbaru beberapa waktu lalu bukanlah masalah umur yang sudah tua, berdasarkan laporan dari duta besar inggris untuk indonesia pesawat tempur hawk 200 atau 100 ini masih layak pakai setidaknya hingga 10 tahun kedepan karena pesawat ini di ekspor ke indonesia pada tahun 1997 dan masih sangat layak pakai.

negara negara pengguna pesawat hawk 200 ini adalah, inggris, indonesia, malaysia, bahrain, kanada, finlandia,india, kuwait, oman, arab saudi, afrika selatan, korsel, uni emirat arab dan zimbabwe.

dan pesawat tempur hawk 200 ini adalah pesawat tempur dengan jenis yang canggih karena pesawat tempur Hawk 200 mampu melengkapi diri dengan berbagai persenjataan canggih dan mematikan. Diantaranya rudal udara ke darat AGM-65 Maverick, Rudal anti kapal Sea Eagle, Torpedo, serta berbagai macam bom berdaya ledak hebat.

kemudian pesawat hawk 200 ini dilengkapi dengan radar Northrop Grumman APG-66H multi-mode, LINS 300 laser cincin sistem giroskop navigasi inersia, udara sensor data, prosesor display dan komputer misi. Dengan sistem radar yang bisa melihat ke udara dan darat, sehingga memudahkan pilot tempur saat membidikan senjata ke arah musuh.

Untuk kokpit, pilot Hawk 200 dimanjakan dengan memiliki tuas kontrol elegan. Dimana pilot bisa membidik senjata dan memulai serangan, dengan menggunakan panel kontrol senjata. Hal ini ibarat memilih senjata saat berbelanja di toko perlengkapan senjata canggih. Kokpit ini memiliki layar warna, dengan prosesor dilengkapi 27 format tampilan yang menyediakan data penerbangan dan pesawat.

Untuk mesin,Hawk 200 ini didukung oleh 871 Adour twin-spool, mesin  turbofan rendah dari Rolls-Royce. Tangki bahan bakar fleksibel yang dipasang di tangki pesawat terpisahkan dan compartmented yang berada di sayap. Hawk 200 juga memiliki tangki eksternal yang bisa dipasang di sayap bawah.

Hawk 100/200 pertama tiba di tanah air pada tahun 1997. Pesawat tempur ini kemudian disebar di Skadron 1 Pontianak mengganti pesawat OV-10 dan Skadron 12 Pekanbaru, menggantikan pesawat A-4 Skyhawk.

Dan sampai saat ini pesawat tempur andalan TNI ini hawk 200 masih sering terbang di langit pekanbaru sampai saat ini ditemani dengan sang pesawat tempur monster dari amerika serikat F-16, total 2 skuadron pesawat tempur canggih indonesia bermarkas di pekanbaru riau.

Baca Juga:  
Sumber: http://cakrawalakuansing.blogspot.com/2013/06/inilah-pesawat-tempur-canggih-andalan.html

0 Komentar Untuk “Pesawat Tempur Canggih Yang Menjadi Andalan Indonesia”

Poskan Komentar

Liat AJA!! *New

Langganan Artikel

Ayo berlangganan artikel terbaru yang akan dikirimkan ke email anda, silahkan masukkan alamat email anda dibawah ini.

Daftar Isi

Social Media




© 2013 Asalasah. All rights reserved.