Main Game Bikin Anak Jadi Bertanggung Jawab

Leave a Comment
Video Game Dorong Anak Bertanggung Jawab
Asalasah ~ Sebuah penelitian baru dari University of Victoria di Kanada menunjukkan bahwa bagi mereka yang banyak menghabiskan waktunya untuk bermain video games memiliki kesiapan untuk bertanggung jawab secara sosial dan mampu menjadi warga yang baik di kemudian hari.

Kathy Sanford, pemimpin penelitian itu, mengamati perilaku anak-anak dengan usia 13 sampai 17 tahun dalam selama lima tahun. Dia mendapati temuan menarik, yaitu kecenderungan munculnya urgensi pemecahan masalah bagi di anak yang doyan nge-game.

Dia mengatakan tujuan utama bermain game adalah tampil untuk menang. Sanford melihat gamers berupaya keras mencari cara terbaik meraih kemenangan itu. Dalam game on-line, pemain membutuhkan keahlian tambahan, yaitu bernegosiasi dengan anggota tim, memahami kekuatan dan kelemahannya, serta mampu bekerja dengan orang lain. Dia mendapati anak-anak tersebut belajar tentang kepemimpinan dan pengambilan keputusan etis. "Sesuatu yang saya pikir tidak akan ditemukan dalam penelitian ini," katanya seperti dilansir situs Globe and Mail, kemarin.

Temuan ini berlawanan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan game, terutama perkelahian, berdampak negatif bagi anak-anak. Sanford mengatakan bocah gamers bisa memerankan tokoh dalam cerita dan bertindak kasar. "Tapi mereka tetap akan melihat hasil dari keputusan yang mereka ambil," ujarnya.

Bagi para orang tua, temuan ini mengkuatirkan karena mereka tidak mengetahui apa yang terjadi dalam sebuah game. Sanford menyarankan orang tua untuk berbicara dengan anak-anaknya mengenai karakter-karakter dalam game. "Melarang anak-anak bermain bukan nasihat yang tepat," katanya.


Baca Juga:  
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/06/07/061486453/Video-Game-Dorong-Anak-Bertanggung-Jawab
Ayo beri tau yang lain!!

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Isi