Mencegah Uban Tumbuh di Usia Muda

Asalasah ~ Rambut merupakan mahkota, terutama bagi perempuan. Mereka harus menjaga dan merawat mahkotanya itu agar terlihat indah dan sehat. Sering kali perempuan punya masalah rambut, satu dari masalah itu adalah uban.

Munculnya uban sebenarnya merupakan proses alami bagi setiap perempuan normal. Uban sangat erat kaitannya dengan usia. Masalahnya  jika uban muncul saat usia muda. Faktor penyebabnya biasanya  terbagi dalam dua kelompok utama, yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Faktor intrinsik adalah timbulnya gangguan pada sintesa protein, bertambahnya usia, turunnya kinerja sel melanosit, rusaknya kolagen, serta kadar stres yang tinggi. Selain faktor intrinsik, uban bisa muncul pada usia muda karena faktor ekstrinsik, yaitu kebiasaan merokok, diet tak sehat, produk pewarna rambut, dan penggunaan shampo yang kurang tepat.

Namun Thomas Taw, pakar rambut asal London, menganggap stress sebagai penyebab utama munculnya uban di usia muda. Ia memberikan solusi mencegah uban pada usia muda. "Mencegah stress adalah upaya pertama,” Taw menjelaskan. “Stress merupakan faktor utama kemunculan uban."

Taw menyarankan perempuan membiasakan diri lebih rileks dan santai. Caranya dengan menjaga kesehatan serta kebersihan kulit kepala. "Kulit kepala yang bersih tidak hanya dapat mencegah timbulnya ketombe namun dapat mencegah uban," kata Taw.

Cara lainnya dengan mengatur pola makan. Konsumsi makanan bergizi secara berimbang bisa menjadi solusi. Adapun diet terlalu ketat malah bisa mengakibatkan rambut kekurangan nutrisi. Dan, muncul uban.

Baca Juga:  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar